Kamis, 23 Agustus 2012

Backtrack

   Backtrack merupakan salah satu distro linux yang di ciptakan oleh seorang konsultan keamanan dari Israel yang bernama Mati Aharani beserta bantuan dari koloborasi komunitas. Backtrack merupakan merger dari Whax dan Auditor Security Collection . Whax merupakan distro linux yang khusus di gunakan dalam melakukan penetration testing /hacking dapat digunakan untuk tes security dari berbagai jaringan dimana saja. Whax sendiri sebenarnya merupakan turunan dari knoppix, ketika Knoppix mencapai versi 3.0 distro ini mengganti namanya menjadi Whax.

   Pada versi 1, 2 dan 3 Backtrack memiliki lebih dari 300 tools security dan menggunakan kernel linux versi 2.6.21.5 dan merupakan Backtrack berbasis Knoppix. Sedangkan untuk versi ke-4 nya Backtrack di lengkapi dengan patch untuk wireless driver guna menghadapi serangan Wireless Injection serta menggunakan kernel linux terbaru yaitu kernel 2.6.30.4, selain itu Backtrack versi kini tidak lagi berbasis Knoppix, karena Backtrack kini berbasisi Ubuntu.

   Sampai saat ini Backtrack telah memasuki versi 5 dengan menggunakan kernel 3.2.6! Pada versi yang ke-5 ini user akan menemui berbagai perubahan di bandingkan dengan versi sebelumnya. Mulai dari perbaikan terhadap bug-bug yang ada pada versi terdahulu hingga penambahan tools-tools baru yang pastinya akan membuat ukuran distro ini menjadi lebih besar, tentu ini berita buruk bagi para user dengan kecepatan koneksi internet seperti siput.

   Namun tidak perlu khawatir karena penulis menemukan bahwa kini sudah banyak orang-orang yang menjual kepingan DVD Bactrack terbaru, kalian dapat dengan mudah memesannya secara Online. Backtrack yang menjadi populer dengan tersedianya berbagai macam tools yang berhubungan dengan sistem keamanan di tambah dengan adanya dukungan Live CD maupun Live USB memungkinkan pengguna untuk memboot-nya langsung dari media penyimpanan portable tanpa harus di pusingkan dengan proses instalasi yang memakan banyak waktu. Tentunya semua kelebihan yang ada pada Backtrack akan sangat membantu bagi para penggunanya yang ingin melakukan pengujian terhadap sistem keamanan yang mereka miliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar