Kamis, 23 Agustus 2012

Perintah system pada C++


    Bagi para pemula yang baru mempelajari bahasa Pemrograman C atau C++ pasti akan selalu ada baris perintah [ system("pause"); ] pada akhir source code, namun sebenarnya apa fungsi dari baris perintah ini? Dari buku yang saya baca di katakan bahwa fungsi ini akan menghentikan program untuk sementara sambil menampilkan pesan "Press any key to continue..." hingga user menekan sembarang tombol.


    Karena begitu penasarannya dengan baris perintah ini sayapun melakukan beberapa percobaan dengan menggunakan baris perintah tersebut!(Seperti ilmuan saja) dari situ saya berhasil menemukan beberapa hal yang menarik bahwa fungsi dari baris perintah ini bukanlah hanya sekedar untuk menghentikan program saja, namun juga memiliki fungsi untuk menjalankan perintah-perintah yang bernaung di bawah kendali command prompt atau cmd.

    Pada contoh dari baris perintah [ system("pause"); ] artinya sama saja kita menjalankan perintah "pause" yang ada pada command promt. Kalian tahu apa perintah untuk men-shutdown komputer melalui command promt? Yups benar sekali! perintah itu adalah "shutdown -s".

    Itu berarti kita dapat mematikan komputer memalui aplikasi kita dengan cara mengetikan perintah [system("shutdown -s");] tanpa tanda kurung kotak. Berikut contoh programnya.


----------------------------------------------------------------

#include <iostream>
using namespace std;

int main()
{
   system("shutdown -s");
   return 0;
}

----------------------------------------------------------------

    Coba kalian coppas source code tersebut kemudian compile dan run, lalu perhatikan sihir apa yang terjadi! Remember! dalam mempelajari bahasa pemprograman C++ lalukanlah berbagai eksperimen pada setiap baris perintah yang kalian temui agar kemampuan dan pemahaman kalian bisa meningkat pesat, terutama apabila kalian menemui baris perintah yang penjelasannya sanya kurang.

1 komentar:

  1. Makasih banyak gan, artikel ini telah membantu saya lebih memahami tentang bahasa C dan membantu saya mengerjakan tugas saja juga.

    BalasHapus