Rabu, 22 Agustus 2012

Trojan Horse



    Trojan merupakan salah satu jenis malcode yang memiliki kemampuan untuk meremote system komputer milik seseorang. Bahkan ada juga perusahaan-perusahaan yang menggunakan jasa Trojan untuk memata-matai para pesaingnya.

    Bagaimana program Trojan bekerja? Dan apa saja yang bisa dilakukan oleh aplikasi ini? Program Trojan bekerja dengan cara membuka port atau pintu belakang pada komputer yang ia infeksi sehingga memungkinkan adanya celah bagi Hacker untuk menyusup kedalam Sistem.

    Port ibaratnya sebuah pintu masuk, dari sanalah berbagai macam data dapat keluar masuk sesukanya. Lalu bagaimana jika ada seseorang tak dikenal yang membuka pintu belakang rumah anda tanpa di ketahui? Bayangkan apabila pada saat itu anda sedang tertidur lelap! Mungkin anda akan terkejut ke esokannya karena semua barang-barang anda sudah ludes, hilang tak berbekas!

    Inilah hal yang terjadi apabila sebuah Trojan menyasar ke komputer anda yang nantinya ia akan memberikan celah bagi Hacker untuk mengobrak-abrik system dan data-data Anda! Bukan hanya itu, dengan terbukanya pintu belakang pada Sistem Operasi maka memungkinkan Hacker mengambil alih Sistem Operasi yang seolah-olah ia sedang duduk berada di depan Komputer. Ia bisa menshutdown PC anda, menampilkan pesan-penan aneh, menjungkir balikan layar komputer, mengambil file rahasia, memformat file system, meng-kill Process yang sedang berlangsung. Bayangkan saja, anda sedang asyik-asyiknya chatting dengan seorang cewek tiba-tiba Web Browser menghilang begitu saja di depan anda!

         Selain itu Trojan juga biasanya terdiri atas 2 bagian, yaitu Server & Client! bagian Server harus di install dan di jalankan pada komputer korban sedangkan bagian Client merupakan bagian yang di gunakan untuk memberikan masukan-masukan atau perintah yang nantinya akan di jalankan oleh si Server. Salah satu jenis Trojan yang terkenal yang memiliki banyak kemampuan adalah ProRat Trojan. Menggunakannyapun sangat mudah namun saya tidak akan membahasnya di sini. Bagusnya atau celakanya AVG antivirus dan beberapa AntiVirus lainnya telah mampu mendeteksinya sehingga Trojan ini tidak akan bertahan terlalu lama pada komputer yang memiliki Antivirus yang selalu di Update.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar