Rabu, 22 Agustus 2012

Sekilas Tentang Rootkit

   Rotkit terdiri dari 2 kata yaitu root dan kit, root yang artinya hak akses yang setara dengan administrator sedangakan kit berarti peralatan. Jadi secara kasar rootkit bisa di artikan sebagai program atau peralatan yang mampu mempertahankan hak akses administrator sehingga memungkinkannya untuk melakukan banyak hal seperti menyembunyikan file-file tertentu serta tidak menampilkan seluruh proses yang sedang berlangsung di Task Manager.

   Awalnya Rootkit hanya bermain pada lingkungan Unix namun seiring berjalanya waktu kini rootkit telah  menyasar ke system operasi windows bahkan sun solaris. Bermula pada insiden dengan perusahaan raksasa Sony BMG yang saat itu tengah gusar dengan aksi para pembajak lagu, menyewa jasa dari perusahaan yang bernama Firts 4 Internet, Ltd. Kemudian perusahaan ini membuat sebuah rootkit yang nantinya di tanamkan kedalam keping kaset CD dan akan teristall dengan sendirinya ketika pengguna menjalankan kaset CD tersebut.

   Namun ternyata Mark Russinovich kala itu tidak sengaja menemukan rootkit ini dengan tools pencari buatanya yang bernama Rootkit Revealer dan menginformasikannya kepada publik. Sony yang tidak berhak menaruh secara diam-diam sebuah rootkit pada komputer orang lain akhirnya menarik kembali semua keping kaset yang bermasalah dan menggantinya dengan yang baru.

    Sulit memercayai komputer yang telah terinfeksi oleh rootkit karena informasi yang di tampilkan oleh komputer tidak sepenuhnya benar. Meski dalam komputer itu tersimpan program-program jahat seperti keyloger, trojan, virus, bahkan worm namun komputer tidak akan menampilkannya karena semua datanya telah di manipulasi oleh rootkit. Meski saat ini sudah banyak sekali Anti Rootkit yang beredar namun para Hakcer terus mengembangkan rootkit mereka agar tidak mudah terdeteksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar